Beberapa tahun belakangan ini, kopi telah berubah menjadi sebuah budaya. Yang dulunya hanya dinikmati oleh kalangan tertentu, kali ini kopi sudah digemari oleh hampir seluruh lapisan masyarakat bahkan di negara mana pun. 

Namun tahukah kamu? Budaya minum kopi rupanya memiliki sejarah yang cukup menarik dan sudah bukan lagi hal baru. Hal tersebut dikemukakan oleh Trish Rothgeb dalam artikelnya berjudul Wrecking Ball Coffee Roasters tahun 2002 yang berisikan tentang 3 pergerakan dalam dunia perkopian yang dikenal dengan istilah Waves. Seperti apa perkembangan kopi tersebut? Berikut penjelasannya:

First Wave Coffee

Di era tahun 1800-an, kopi merupakan minuman yang dapat disajikan dengan cara mudah tanpa menggunakan peralatan yang rumit. Pada era tersebut, kopi dikemas dalam kemasan praktis dan dapat disajikan secara instan sehingga menjadi minuman yang disukai oleh masyarakat. Bahkan, kopi juga menjadi minuman sehari-hari bagi para tentara pada Perang Dunia I tahun 1917. 

Second Wave Coffee

Di era tahun 1960-an, para penikmat kopi mulai menginginkan rasa kopi yang lebih baik dari kopi instan. Maka dari itu, kemudian muncul berbagai varian kopi baru seperti espresso, latte, cappuccino dan masih banyak lagi. Dari situ lahirlah berbagai coffee shop dimana masyarakat mulai menikmati kopi sambil bersantai maupun membicarakan bisnis di luar rumah. 

Third Wave Coffee

Gelombang ketiga dari budaya kopi muncul di tahun 2000-an. Pada gelombang ini masyarakat mulai memberi penghargaan terhadap perjalanan panjang proses pengolahan kopi mulai dari ditanam hingga menjadi sajian yang bisa dinikmati. Dari sini pula muncul istilah origin yang menandai identitas kopi sesuai lokasi dimana kopi tersebut ditanam. Bahkan tiap-tiap kopi memiliki ciri dan rasa yang berbeda-beda dan masyarakat kini mulai menyukai keunikan rasa tersebut. 

Inilah 3 era perkembangan budaya ngopi yang kini sama-sama kita semarakkan bersama. Masyarakat kita pun juga mulai menggemari kopi hitam sesuai dengan daerah asal seperti Gayo, Bali, Flores hingga Papua. Kalau kamu sendiri, kira-kira lebih suka menikmati kopi dengan cara bagaimana?

Strada Coffee tengah memberi berbagai promo untuk all varian beans yang bisa kamu cek langsung di bawah ini. Enjoy your coffee!