PPKM yang telah berjalan selama 2 minggu ini membuat banyak perubahan di bidang industri khususnya resto dan kafe. Dengan pembatasan ini, para customer resto dan kafe dilarang untuk 'dine in' atau makan di tempat sehingga hanya dapat membeli produk untuk dibawa pulang.

Kira-kira selain itu apa saja sih kebiasaan yang berubah selama PPKM terutama bagi para coffee lovers? Yang sebelumnya selalu bisa menghabiskan waktu sambil ngopi dan 'nongrong' di kafe lalu sekarang? Ini dia 3 kebiasaan ngopi baru yang kami temui selama PPKM berlangsung:


Menyeduh Kopi Sendiri di Rumah

Tak bisa disangkal bahwa selama PPKM para pecinta kopi harus menahan diri untuk tetap ngopi di rumah aja. Yang biasanya tinggal duduk di kafe sambil menunggu dibuatkan kopi oleh barista sekarang mereka 'terpaksa' harus membuat sendiri di rumah. Hal itu akhirnya melahirkan banyak home brewer baru yang mencoba berbagai resep kopi dan bahkan mulai berkenalan dengan alat-alat pembuat kopi manual. Wah, keren sekali ya, bisa-bisa akan jadi banyak barista dadakan nih! 


Belajar Tentang Dunia Perkopian

Tak ayal akibat dari ngopi di rumah membuat para pecinta kopi jadi lebih sering mencari tahu soal dunia perkopian. Yang awalnya hanya menjadikan kopi sebagai teman ngobrol, kini mereka mulai mencoba mengenal lebih jauh soal kopi from seed to table. Beberapa info yang dicari seperti cara menggunakan alat, mengevaluasi aroma dan rasa, hingga tips menemukan takaran yang pas agar hasil seduhan bisa sesuai selera. Bahkan, tak sedikit yang akhirnya mengulik sejarah kopi dan perkembangannya demi menambah pengetahuan. Mantap!


Take And Go

Banyak coffee shop yang bertahan dengan membuat 'Drive Thru' agar customer tetap dapat membeli kopi mereka dengan mudah tanpa harus turun dari kendaraan. Dengan begitu, baik coffee shop maupun customer tidak melanggar aturan PPKM namun tetap bisa ngopi enak sesuai dengan prokes.

Itulah 3 kebiasaan ngopi yang berubah selama masa PPKM. Semoga saja keadaan segera membaik agar coffee shop dan coffee lovers-nya bisa segera berjumpa lagi seperti biasa. Tetap jaga kesehatan dan prokes 5M ya!