*Foto oleh Lucie Liz dari Pexels

Di tengah cuaca panas, menikmati segelas minuman dingin nan menyegarkan menjadi favorit semua orang. Yang menjadi pilihan beberapa diantaranya adalah minuman dengan aneka rasa seperti taro atau matcha, kemudian juice buah, kopi manis dan juga soda. Namun, pernahkah kamu membayangkan bagaimana rasanya jika kedua minuman yang disebut paling terakhir itu dipadukan? Tentu saja bisa. Jika bosan dengan menu kopi yang itu-itu saja, kita dapat membuat kreasi minuman kopi bersoda dengan cara mencampurnya dengan tonic water. Minuman ini rupanya telah berkembang dan menjadi trend sejak beberapa tahun lalu yang diberi nama Espresso Tonic atau Coffee Tonic. Sudah pernah dengar sebelumnya? Jika belum, mari kita berkenalan dengan minuman menyegarkan yang satu ini.

Dari mana munculnya Espresso Tonic?

Espresso Tonic merupakan sajian kopi yang dipadupadankan dengan tonic water sehingga menghasilkan sensasi rasa yang lebih menyegarkan tentu dengan jumlah dan takaran yang seimbang. Minuman ini 'dipercaya' muncul di tahun 2007 silam di sebuah kafe di Helsingborg, Swedia bernama Koppi Roasters. Dilansir dari perfectdailygrind.com, dalam wawancaranya bersama Anne Lunell yang merupakan co-founder dari kafe tersebut, ia mengatakan bahwa seorang koleganya mencampurkan espresso dengan air tonic dan sesuatu yang meyerupai kacang pistachio. Minuman tersebut terasa sangat menyegarkan apalagi cuaca sangat panas kala itu. Sehingga Anne Lunell pun memulai eksperimennya dan memasukkan espresso tonic ke dalam daftar menu Koppi Roasters. Espresso Tonic akhirnya mulai dikenal luas setelah banyak media cetak besar seperti New York Times dan The Observer yang akhirnya memberitakan tentang sensasi rasa yang dihasilkan dari espresso tonic.

Apakah masyarakat menyukai produk ini? Menurut Anne sekitar 95% orang yang mencicipinya menyukainya. Sisanya berpikir bahwa rasa yang dihasilkan terlalu 'aneh'. Karena Tonic Water dikenal memiliki rasa yang pahit, Anne Lunell merekomendasikan air tonik yang memiliki varian rasa. Ia pun memiliki rasa favorit yakni Fever Tree’s Mediterranean yang menyerupai rasa buah citrus dan menyegarkan.

Bagaimana Resep Membuat Espresso Tonic?

Bahan yang digunakan untuk membuat espresso tonic cukup sederhana. Menurut Anne Lunell, yang paling penting adalah menyajikannya dengan es batu yang cukup banyak hingga ke atas gelas agar terasa kesegarannya. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan-bahan

200ml tonic water

30 sampai 40ml espresso shot

Satu iris of lemon (optional)

Cara Membuat

Isi gelas lowball (8 fl oz atau 227ml) dengan es batu dan air tonik, hingga hampir penuh

Siapkan espresso shot

Secara perlahan, tuangkan espresso di atas air tonik hingga membentuk layer yang cantik

Espresso Tonic pun siap dinikmati!


*Gambar oleh Luiza Kawala dari Pixabay

Bagaimana, sekarang kamu sudah tahu kan apa itu Espresso Tonic? Saat ini jika kita mencari #espressotonic atau #coffeetonic di Instagram kita akan menemukan banyak sekali feed kopi tonik di dalamnya dengan berbagai rupa dan rasa. Bahkan, ada yang menggunakan cold brew sebagai bahan kopi yang dicampurkan dengan air soda sebagai pengganti air tonik. Penasaran dengan pelepas dahaga ini? Buat resep Espresso Tonic-mu dengan kopi dari Strada dan rasakan sensasi unik segarnya!

#kopiterbaiknusantara #hirupseruputberbagi #espressotonic #coffeetonic