Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari mengonsumsi kopi dengan porsi yang tepat. Mulai dari mencegah berbagai macam penyakit seperti jantung hingga liver, kopi juga mampu memberikan suntikan energi pada tubuh. Bahkan, ampasnya pun mampu diolah menjadi lulur serta scrub yang baik bagi kesehatan kulit.

Namun tahukah kamu? Rupanya kopi juga dapat memberikan manfaat bagi rambut kita agar tumbuh lebih lebat. Bagaimana caranya? Berikut tipsnya:

Pertama-tama yang harus kita siapkan adalah bubuk kopi sebanyak kurang lebih 2 sendok makan, yogurt sebanyak kurang lebih 3 sendok makan serta minyak kelapa sebanyak kurang lebih 2 sendok makan. Kemudian, campurkan bubuk kopi dengan minyak kelapa ke dalam wadah lalu aduk hingga adonan tidak menggumpal. Setelah itu, masukkan yogurt dan aduk kembali. Adonan masker rambut pun telah siap.

Lalu aplikasikan masker pada kulit kepala dan rambut hingga merata kemudian tutup dengan shower cup (jika ada). Biarkan hingga kurang lebih satu jam. Untuk hasil lebih maksimal, treatment ini dapat dilakukan 2-3 kali dalam 1 minggu.

Kafein pada kopi rupanya mampu membantu merangsang folikel (tempat tumbuhnya rambut) mempercepat pertumbuhan rambut. Dilansir dari klikdokter.com, kafein juga membantu menghalangi efek dihydrotestosterone (DHT) di folikel rambut pria. DHT sendiri merupakan hormon yang dapat menyebabkan kebotakan. Selain itu, bubuk kopi juga dapat membantu membersihkan sel-sel kulit mati sehingga rambut menjadi lebih bersih dan segar.

Dilansir dari liputan6.com, minyak kelapa sendiri memiliki kandungan protein yang dapat membantu memulihkan rambut yang rusak serta memperkuat rambut. Sedangkan asam laktat yang ada pada yogurt dapat membantu menghilangkan ketombe sehingga kulit kepala dapat menyerap nutrisi dengan lebih baik. 

Itulah sebabnya, campuran dari ketiga bahan tersebut dapat membantu rambut tumbuh dengan lebih sehat dan lebih lebat. Selain dua bahan tadi, untuk membuat masker rambut dari kopi dapat dicampur juga dengan gula pasir, madu, minyak zaitun, serta kuning telur.

Nah, setelah mengetahui tips di atas apakah kamu jadi tertarik untuk mencoba merawat rambutmu dengan kopi? Untuk mendapat manfaat maksimal, kamu dapat memilih kopi yang berkualitas baik seperti biji kopi specialty dari Strada Coffee. Makin asyik lagi kalau belinya pakai beragam promo menarik. Yuk cek koleksi kopinya sekarang juga!


Gambar oleh dungthuyvunguyen dari Pixabay


#kopiterbaiknusantara #hirupseruputberbagi #ingatkopiingatstrada #manfaatkopibagirambut