Kopi telah menjelma menjadi kebutuhan bagi para pecintanya. Manfaatnya pun telah kita kupas tuntas bersama agar kita semakin akrab dengan minuman ini. Namun tahukah kamu, bahwa tubuh rupanya akan memberikan sinyal saat kita terlalu banyak mengonsumsi kopi? Sinyal seperti apakah itu? Berikut tanda-tandanya:

Susah Tidur

Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat berfungsi sebagai penambah energi. Kafein juga akan memompa adrenalin kita sehingga tubuh menjadi lebih siaga. Sehingga jika kita terlalu banyak menerima asupan kafein maka di saat waktu istirahat tiba tubuh masih terasa bugar dan menyebabkan sulit tidur.

Diare

Kafein pada kopi telah kita kenal sebagai salah satu kandungan alami yang mampu membantu memperlancar proses pencernaan. Namun jika kita terlalu banyak mengonsumsi kafein, maka kontraksi otot-otot pada saluran usus akan meningkat yang mana akan menyebabkan usus bekerja dengan lebih cepat. Alhasil, tentu saja kita akan mengalami diare.

Berdebar

Dilansir dari klikdokter.com, menurut hasil penelitian National Heart Lung and Blood Institute, jantung yang berdegup kencang atau tidak normal bisa jadi ciri-ciri kebanyakan kafein. Hal ini disebabkan oleh efek stimulasi dari kafein yang juga dapat meningkatkan denyut jantung. Meskipun demikian jika kondisi seperti ini sering terjadi pada seseorang yang tidak terlalu sering mengonsumsi kopi, maka tidak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter.

Cemas Berlebihan

Kondisi ini berkaitan dengan kafein yang terbukti mampu memompa adrenalin dan membuat tubuh menjadi lebih waspada. Pada sebagian orang, kondisi tersebut ditambah jantung yang terus berdebar lebih kencang akan menyebabkan  perasaan gelisah serta kecemasan berlebihan. Maka sebaiknya jaga jumlah asupan kafein.

Sakit Kepala

Pada dasarnya, kafein memiliki manfaat sebagai pereda sakit kepala. Hal tersebut dikarenakan zat ini dapat membantu menyempitkan pembuluh darah yang membesar dan mengurangi aliran darah ke otak saat sakit kepala terjadi. Namun, jika kita terbiasa mengonsumsi kafein secara berlebih maka tubuh akan menyesuaikan dengan kondisi tersebut sehingga jika terjadi penarikan kafein secara tiba-tiba justru akan menyebabkan sakit kepala. Untuk menghindari hal tersebut maka asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh harus diperhatikan. Dan jika akan mengurangi asupan kafein maka harus dilakukan secara perlahan-lahan.

Itulah kelima tanda tubuh ketika terlalu banyak menerima asupan kafein. Setiap hal yang ada di bumi ini dapat kita ambil manfaatnya jika dikonsumsi secara benar dengan jumlah takaran yang tepat. Begitu pula dengan si nikmat yang satu ini. Ingin mendapat manfaat kopi yang maksimal? Klik etalase kami dan temukan kopi Specialty favoritmu!

Stay Safe, Stay Healthy!

*Gambar oleh Meine Reise geht hier leider zu Ende. Märchen beginnen mit dari Pixabay 

#hirupseruputberbagi #kopiterbaiknusantara #ingatkopiingatstrada #manfaatkopi #kelebihankafein