Dengan merebaknya coffee shop dan semakin populernya minuman berbahan dasar kopi di kalangan masyarakat, profesi barista pun menjelma menjadi salah satu yang paling diminati terutama di kalangan kaum milenial. Ditambah dengan penampilan para barista profesional yang rapi dan maskulin membuat profesi ini makin digemari.

Namun tahukah kamu? Di balik gaya serta penampilan para barista yang menawan tersebut memiliki peran dan tanggung jawab yang besar terhadap berlangsungnya 'kehidupan' sebuah coffee shop. Tidak hanya sekadar harus bisa membuat latte art, mereka juga harus jeli dalam mengolah kopi agar tercipta rasa yang sempurna. Dilansir dari sasamecoffee.com, dalam bukunya berjudul The Secret of Barista, sang author Edy Panggabean menjelaskan bahwa ada 3 seni yang wajib dikuasai oleh seorang barista. Ketiga seni tersebut adalah seni melayani, menyajikan dan meracik kopi. Jadi apa sajakah tugas pokok seorang barista? Berikut penjelasannya:


Mengetahui Asal Muasal Biji Kopi

Seorang barista harus mengetahui sejarah, asal muasal serta memahami mengenai proses pasca panen biji kopi agar ia mampu menemukan racikan yang tepat untuk masing-masing biji kopi yang tersedia di coffee shopnya. 


Dapat Membuat Kopi dengan Teknik Manual

Seorang barista wajib mampu menguasai teknik manual dalam membuat kopi. Ia harus 'peka' terhadap kualitas biji kopi serta paham dengan resep yang pas dalam menyeduh dan menggunakan peralatan manual. Ia harus jeli dalam mengukur waktu menyeduh, jumlah takaran air dan kopi serta level gilingan sesuai dengan tools yang digunakan. Maka dari itu, scale digital merupakan 'teman' barista yang tak boleh ketinggalan.


Dapat Membuat Kopi dengan Menggunakan Mesin

Ini juga nggak kalah wajib. Seorang barista belum afdol disebut sebagai barista jika ia belum mahir mengoperasikan mesin espresso. Mulai dari memahami bagian-bagian mesin espresso, langkah-langkah dalam menggunakannya dan mengerti tentang 3 contoh hasil espresso yakni Under Extracted, Perfect Extracted serta Over Extracted.


Dapat Membuat Latte Art

Jika sudah mahir dalam membuat espresso, tugas utama berikutnya pastinya adalah membuat latte art. Seorang barista mesti memiliki skill dalam membuat susu steam, mengetahui perbedaan foam yang digunakan untuk Cappuccino, dan Latte, cara memegang milk jug, dan cara menuang steam milk ke dalam espresso. Barista haru sering-sering bereksperimen untuk membuat berbagai macam 'lukisan' pada latte art-nya agar tidak membosankan.


Dapat Memberi Penjelasan kepada Customer dengan Ramah

Dengan bekal pengetahuan tentang kopi yang cukup, seorang barista diharapkan mampu menjalin komunikasi yang baik dengan customer. Ia harus dapat menjadi seorang 'customer service' yang tidak hanya mampu menyajikan kopi enak namun menjadi lawan bicara yang asyik dan memberikan layanan yang terbaik kepada para pelanggan. Karena pada kenyataannya, masih banyak customer yang datang ke coffee shop tanpa mengetahui akan memesan kopi apa sehingga tugas baristalah untuk menjelaskan menu apa yang kira-kira cocok bagi pelanggan tersebut. 

Itulah kelima tugas utama barista yang merupakan ujung tombak dari sebuah coffee shop. Tak hanya harus pandai mengoperasikan berbagai coffee tools, seorang barista juga wajib bersikap ramah dan memberikan pelayanan terbaik bagi para customer.

Berminat menjadi barista profesional? Yuk, join di kelas barista Strada Coffee Academy! Isi formulirnya di sini yah, sampai ketemu di kelas!

Formulir Pendaftaran Kelas Barista

#kelasbaristasemarang #stradacoffeeacademy #hirupseruputberbagi #ingatkopiingatstrada #kopiterbaiknusantara