From seed to table. Kopi telah melewati perjalanan panjang sebelum akhirnya mendarat di dalam cangkir di atas meja kita. Mulai dari proses tanam dan panen yang rinci hingga proses roasting dan brewing yang juga tak kalah tricky, semua diupayakan agar kopi yang kita hirup adalah yang terbaik dan sesuai selera. Namun apakah kalian tahu kapan dan dari mana kopi pertama kali ditemukan?

Sebelumnya, apakah kalian pernah mendengar kisah tentang penggembala kambing dari Ethiopia? Meski ada beberapa yang beranggapan bahwa cerita tersebut hanyalah mitos namun kisah ini telah tersebar di seluruh dunia dan menjadi bagian dari sejarah ditemukannya pohon kopi. 

Kisah Khaldi Si Penggembala Kambing

Konon katanya pada tahun 800 SM, seorang penggembala bernama Khaldi melihat perbedaan pada perilaku kambingnya setelah makan tanaman yang menyerupai buah ceri. Ia kemudian ikut mencoba mengonsumsi buah tersebut dan merasa tubuhnya menjadi lebih aktif. Namun ketika ia menyampaikan penemuannya kepada pendeta di desanya, sang pendeta tidak memercayainya dan membuang buah ceri tersebut ke dalam api. Kemudian, mereka terkejut karena aroma yang dihasilkan dari ceri yang terbakar sangat harum dan nikmat. Hal tersebut membuat mereka penasaran, lalu mengupas kulit ceri, mencucinya dan kemudian mencoba mengolah dan meminumnya.

Perjalanan Penyebaran Kopi

Kopi akhirnya berkembang lalu menjelajah hingga ke berbagai pelosok dunia dan menjelma menjadi minuman yang sangat populer seperti sekarang. Inilah sekilas perjalanan kopi yang telah dimulai dari ribuan tahun yang lalu.

1. Penyebaran Kopi di Arab

Sekitar tahun 700-1000 M, kopi mulai dikenal pertama kali oleh bangsa Arab sebagai minuman berenergi. Penyebaran kopi pun dimulai bersamaan dengan penyebaran agama Islam dan meluas hingga mencapai daerah Afrika Utara, Mediterania, dan India. 

2. Penyebaran Kopi di Eropa

Biji kopi masuk pertama kali di Eropa pada tahun 1615 yang dibawa oleh seorang saudagar dari Venesia. Ia mendapatkan pasokan biji kopi dari bangsa Turki, lalu kopi tersebut dibudidayakan agar kebutuhan pasar dapat tercukupi. Bangsa Belanda merupakan salah satu negara di Eropa pertama yang berhasil membudidayakan tanaman kopi pada tahun 1616.

3. Masuknya Kopi ke Indonesia

Kemudian pada tahun 1690, Belanda membawa bibit kopi ke Pulau Jawa yang kemudian ditanam secara besar-besaran. Pada awalnya, usaha tersebut sempat terkendala oleh bencana alam yakni gempa dan banjir. Kemudian di tahun 1699, usaha penanaman kopi kembali dicoba dengan bibit yang berasal dari Malabar dan rupanya mampu membuahkan hasil. Hingga di tahun 1706 kopi berkualitas baik dikirim dari Jawa ke Amsterdam hingga membuat nama kopi Indonesia pun mulai dikenal.

Itulah sejarah singkat kemunculan kopi yang saat ini telah menjadi komoditas populer di berbagai negara. Kita dapat menikmatinya dengan sangat mudah karena banyak outlet yang menjual minuman berbahan dasar kopi. Salah satunya adalah Strada Coffee yang menyediakan berbagai pilihan kopi specialty Nusantara dari Sabang sampai Merauke. 


*Gambar oleh Herbert Georg dari Pixabay