Memilih ukuran gilingan kopi yang pas sangat penting agar kita bisa mendapatkan rasa kopi yang sempurna. Apa pun metode yang digunakan, proses pembuatan kopi pasti melibatkan ekstrasi dari kefein serta rasanya sehingga level gilingan kopi pun berpengaruh cukup besar. Semakin halus gilingan kopi kita maka intensitas air yang mengalir di antara bubuk kopi akan semakin tinggi sehingga menghasilkan kopi yang lebih bold dan kuat. Waktu yang dibutuhkan pun lebih singkat. Sebaliknya, semakin kasar gilingan kopi kita maka semakin rendah pula intensitas air yang mengalir di antara bubuk kopi dan membutuhkan waktu ekstraksi yang lebih lama.

Sebagai contoh, level gilingan kopi yang akan digunakan untuk mesin espresso adalah yang paling halus karena air dari mesin tersebut mampu mengalir cepat dengan temperatur tinggi. Sedangkan untuk membuat cold brew, dibutuhkan kopi dengan gilingan kasar karena metode yang digunakan memerlukan waktu yang lebih lama.

Berikut grind size chart yang dapat dijadikan panduan dalam menggiling biji kopi agar sesuai kebutuhan.


 

Itulah mengapa sangat disarankan untuk menyimpan kopi dalam bentuk biji. Selain agar rasa dan aromanya dapat bertahan lebih lama, kita dapat sesuaikan gilingan kita dengan metode yang akan digunakan tepat sesaat kopi akan diseduh. Sehingga, taste yang kita dapatkan akan sesuai dengan keinginan dan harapan. 



Namun jika kamu masih belum bisa mendapatkan rasa yang tepat dari kopimu dan ingin belajar lebih detail mengenai grind size kopi, boleh banget kami bantu melalui program Strada Coffee Academy. Untuk detail selengkapnya, kamu dapat cek di link artikel di bawah ini. Sampai ketemu di kelas ya!

Artikel Strada Coffee Academy