Setelah kita mengetahui anatomi dari ceri kopi, sekarang mari kita menengok bagaimana biji kopi tersebut diambil dari dalamnya. Setelah dipanen, buah ceri merah yang telah dipilih kemudian dibawa ke tempat penggilingan untuk dipisahkan biji dari kulit dagingnya. Total kelembapan yang terkandung di dalam biji kopi adalah sekitar 60% maka dari itu kopi kemudian dikeringkan atau dijemur untuk menyisakan kelembapan sekitar 11-12%. Secara umum, proses pasca panen kopi terbagi menjadi 2 yang istilahnya sudah sering kita dengar namun mungkin belum kita ketahui artinya:

Dry Process/ Metode Kering

Yang pertama adalah metode kering atau biasa disebut dengan dry process. Proses pengeringan kopi ini menggunakan buah ceri yang masih lengkap dengan semua lapisannya. Buah ceri tersebut diletakkan di atas meja pengering khusus yang memiliki pengalir udara dan dibolak-balik secara berkala agar kering merata. Dengan proses ini maka buah ceri akan terfermentasi secara natural dan kulit luarnya pun akan terkelupas dengan sendirinya. Rasa pada kopi yang diproses secara natural ini biasanya memiliki ciri khas seperti buah-buahan contohnya blueberry dan strawberry. Tingkat keasaman pada kopi cenderung rendah dengan body yang lebih tebal. 

Wet Process/ Metode Basah

Metode berikutnya adalah metode basah/wet process atau yang biasa disebut dengan washed process. Setelah proses panen, buah ceri kopi yang telah dipetik kemudian diseleksi dengan cara direndam dengan air. Ceri yang mengapung tidak akan diikutkan ke proses selanjutnya sedangkan yang tenggelam (tandanya telah matang) dikelupas kulitnya dengan menggunakan mesin khusus yang disebut dengan depulper. Lalu, biji-biji kopi tersebut dimasukkan ke dalam tangki fermentasi berisi air untuk meluruhkan sisa-sisa kulit dan lendir (mucilage) yang masih menempel. Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 24 hingga 36 jam tergantung dari suhu serta kelembapan di sekitar. Setelah proses perendaman tersebut selesai barulah biji kopi mulai dikeringkan. Sensasi rasa buah-buahan yang terkandung di dalam kopi yang diproses dengan metode ini biasanya akan berkurang dengan acidity yang lebih tinggi. Umumnya, aroma kopi menjadi lebih kuat dengan body lebih ringan. 

Kedua metode pasca panen tersebut masih terbagi lagi menjadi beberapa macam proses. Bagi yang sudah penasaran dengan apa itu honey process dan semi-washed process tunggu update artikel kami selanjutnya!