Sebagai penghasil biji kopi terbesar keempat di dunia, Indonesia dikenal memiliki beragam jenis kopi yang ternama. Mulai dari Arabica Gayo hingga Papua serta beragam jenis kopi Robusta dan Liberika. Namun tahukah kamu bahwa di tanah air kita tercinta ini juga memiliki jenis kopi yang menjadi salah satu kopi termahal di dunia? 

Ya, apa lagi kalau bukan Kopi Luwak. Kopi yang diambil dari sisa kotoran hewan bernama Luwak atau musang Palem ini mampu menghasilkan rasa yang light, tidak pekat dan aman bagi lambung karena memiliki kadar kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi pada umumnya. Dengan indera penciumannya, Luwak dapat memilih buah ceri yang benar-benar telah matang dan berkualitas baik sebagai makanannya. Kemudian, buah ceri tersebut mengalami proses fermentasi di dalam pencernaan Luwak dan biji kopi yang tidak bisa dicerna ini pun ikut keluar bersamaan dengan fesesnya. Yang membuat Kopi Luwak bernilai tinggi tentu saja karena hasil produksi yang tidak banyak, proses yang langka dengan waktu panen yang lama, serta rasa unik yang dihasilkan.



sumber foto: food.detik.com


Sejarah Kopi Luwak sendiri sudah dimulai sejak jaman penjajahan kolonial Belanda di abad ke-18 ketika adanya penerapan sistem tanam paksa. Dilansir dari Wikipedia, pihak Belanda saat itu tengah membudidayakan tanaman kopi namun melarang penduduk lokal untuk ikut mengonsumsinya. Kemudian, masyarakat kita menemukan binatang mirip musang yang gemar memakan buah ceri kopi dan mampu mengeluarkan bijinya secara utuh bersamaan dengan kotorannya. Oleh penduduk lokal, biji kopi tersebut kemudian dicuci lalu diolah dan diseduh. Kenikmatan rasa yang dihasilkan dari kopi Luwak ini akhirnya turut mencuri perhatian serta menjadi minuman kegemaran pihak Belanda.

Dilansir dari www.sasamecoffee.com beberapa daerah di Indonesia yang menjadi penghasil Kopi Luwak adalah Gayo, Aceh; Sidikalang, Sumatera Utara; Pagar Alam, Sumatera Selatan; Lampung; Garut, Jawa Barat; Toraja, Sulawesi Selatan serta Kintamani, Bali.


Bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba salah satu kopi termahal di dunia ini? Tidak perlu pergi jauh-jauh untuk mendapatkannya karena kopi Luwak juga tersedia di Strada Coffee, nih! Cek saja di etalase kami dan nikmati sensasi rasa specialty kopi favoritmu!